Mahasiswa FKM UTU warnai Hari Disabilitas Internasional dengan Festival Anak Istimewa

Meulaboh - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional mengadakan Festival Anak Istimewa dengan tema "Indonesia Inklusif, Indonesia Unggul" yang di gelar pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2019 berlokasi di SDLB Meulaboh, Aceh Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKM Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si yang diwakili oleh Wakil Dekan I FKM Safrizal, SKM, M.Kes, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat yakni Arfah Husna, SKM, MKM, Sukma Elida, SKM, M.Kes, Siti Maisyaroh F. S, SKM, M.Kes dan Enda Silvia Putri, SKM, M.Kes, Kepala serta Guru SDLB dan SMPLB Nagan Raya dan Meulaboh, Kepala serta Guru SMPLB Cot Seumeureng, , Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, serta anggota TNI AD dilingkup Aceh Barat. Acara ini juga di meriahkan oleh Sanggar Seni Tari Universitas Teuku Umar dan dipandu oleh Nanda selaku MC dari RRI Meulaboh.

“Kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional, dengan mengadakan berbagai macam lomba, yaitu :  fashion show, adzan, bernyanyi, dan mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi SDLB dan SMPLB yang ada di Aceh Barat dan Nagan Raya” ungkap Satria Saputra selaku ketua panitia.

Selain itu satria menambahkan “kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mengeksplor kreativitas siswa SDLB dan SMPLB, dan juga sebagai forum para keluarga yang memiliki anak disabilitas, agar anak disabilitas tidak dipandang sebelah mata serta untuk mewujudkan anak disabilitas yang unggul agar dapat bersaing dalam ajang nasional maupun internasional”ungkapnya.

"Hari ini di berbagai belahan dunia, masyarakat internasional tengah bersama-sama merayakan Hari Disabilitas Internasional. Semoga ini menggugah kesadaran dunia, kesadaran kita semuanya akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan. Kedepan kita harap instansi Pendidikan terutama pihak pemerintah secara bertahap dan bersungguh-sungguh ingin mengambil langkah-langkah yang konkret membangun pendidikan yang layak dan inklusif bagi penyandang disabilitas. Menyediakan lapangan pekerjaan bagi penyandang, Kemudian menyediakan sarana transportasi dan fasilitas publik yang bisa diakses. Itu yang harus menjadi perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah". Ujar Safrizal selaku Wakil Dekan I FKM dalam sambutannya.

Kepala SDLB Meulaboh dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar “acara ini dapat di selenggarakan secara terus menerus, agar terjalinnya rasa kemanusiaan terhadap anak-anak disabilitas yang merupakan penerus bangsa”ungkapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba dari 4 kategori lomba tersebut, yang di berikan oleh kepala SDLB dan SMPLB.

Sebelumnya dalam mendukung terlaksananya kegiatan ini Fakultas Kesehatan Masyarakat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya : Basajannet, Rumah Literasi Basajan, Basajan Kreatif, Sari Internasional Grup, Globlal Institute Meulaboh, Suki Market, Panglima Laot, RRI Meulaboh, UD Jaya Tani, Afisciele, Mandiri Usaha, Ampon Kupi, Timoeh, Diliostore, dan Analogic. (M.Reza Firdaus)

Kontributor : Farah Haura (Infokom BEM FKM)

Lainnya :