UTU Gelar Pembekalan Pengawas untuk Pelaksanaan UTBK-SNBT Tahun 2023
  • UTU News
  • 05. 05. 2023
  • 0
  • 496

MEULABOH - UTU | Menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK – SNBT) 2023, Universitas Teuku Umar sebagai salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) PTN menyelenggarakan sosialisasi bagi pengawas UTBK. Sosialisasi berlangsung pada Jum'at, 5 Mei 2023 yang bertempat di aula utama Gedung Kuliah Terintegrasi. Adapun jumlah pengawas yang mengikuti sosialisasi adalah 47 orang ditambah 12 orang pengawas cadangan.

Wakil Rektor Bidang Akademik / WR 1 Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc mengatakan UTBK ini merupakan kegiatn nasional yang pesertanya dari berbagai daerah, maka mohon kiranya ketertiban, kedisplinan untuk melaksanakan ini. WR 1 menyampaikan terima kasih atas kesanggupan para pengawas, dalam mempersiapkan UTBK kali ini.

“Di UTU kegiatan akan dipusatkan di Gedung ICT yang memiliki sejumlah ruangan yang akan diikuti oleh 1.729 peserta”, ungkap WR 1.

Dr. M. Aman Yaman menuturkan agar semua pengawas yang terlibat dalam penyelenggaraan UTBK UTU dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

“perlu dijaga koordinasi dan komunikasi, serta juga harus dipahami tupoksi dari para pengawas," jelasnya

Paling penting adalah kedisiplinan harus dijaga, kehadiran harus sesuai dengan panduan yang ditetapkan. Selain itu pengawas dibantu panitia juga memastikan seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan lancar.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi ini Heri Darsan, ST., MT selaku koordinator UTBK UTU. Ia menyampaikan uraian tugas Pengawas antara lain yaitu memeriksa peserta beserta barang bawaannya seperti: kacamata, jam tangan, bolpoin, dsb; Meminta kepada Peserta untuk mematikan seluruh perangkat komunikasi (telepon seluler, headset, smart watch, dan sejenisnya) dan dimasukkan ke dalam tas masing-masing; Memeriksa dan mencocokkan Daftar Hadir Peserta dengan Kartu Tanda Peserta; Mempersilahkan peserta untuk membaca petunjuk umum dan petunjuk khusus yang berada di aplikasi ujian.

Selain itu mempersilahkan peserta untuk melakukan latihan ujian dengan cara memasukan nomor peserta dan pin ujian (waktu latihan 5 menit); dan Membagikan Daftar Hadir Ujian Peserta sesuai sesi. Pengawas pada saat menjelang ujian juga melakukan verifikasi terhadap dokumen peserta.

Sebagai informasi UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Untuk materi UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Timeline kegiatan UTBK 2023, untuk UTBK Gelombang I pada tanggal 8 – 14 Mei 2023, dan Gelombang II pada 22 – 28 Mei 2023. Sedangkan pengumuman hasil seleksi SNBT 2023 pada 20 Juni 2023. Pada UTBK 2023 setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti tes  1 (satu) kali, dan setiap peserta akan diberikan hasil tes secara individu. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :