Mahasiswa FKM UTU Gelar Seminar Penyakit AIDS
  • UTU News
  • 12. 04. 2018
  • 0
  • 523

MEULABOH – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Teuku Umar (FKM-UTU) menggelar kegiatan seminar kesehatan untuk mengantisipasi penularan penyakit HIV/AIDS bagi kalangan mahasiswa UTU. Kegiatan seminar yang berlansung, 4 April 2018, di Aula Utama UTU, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh Barat, bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Ketua Panitia Muhammad Reza Firdaus didampingi Heli Suryadi menjelaskan, seminar antisipasi penularan penyakit HIV/AIDS ini dilaksanakan oleh mahasiswa FKM khusus mahasiswa semester VI peminatan Epidemiologi. Seminar tersebut bertema, “Antisipasi Penularan Penyakit HIV/AIDS di Era Zaman Now”. Seminar dimaksud dibuka Wakil Dekan I FKM-UTU, Jun Musnadi Is, SKM.,M. Kes.

Dijelaskan, narasumber seminar ini adalah Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Aceh Barat. dr. Suhada dan dan Yarmaliza, SKM., M. Si. Muhammad Reza, mahasiswa UTU sangat antusias mengikuti kegiatan seminar, sehingga pendaftaran terpaksa harus dibatasi sampai 250 peserta dari enam fakultas dalam lingkup UTU. Selain  itu ada juga peserta berasal dari berbagai SMA.

Jun Musnadi sangat mengapresiasi  kegiatan seminar tersebut. “Diharapkan event seperti ini dapat terus dilakukan”. Suhada dan Yarmaliza sebagai pemateri menyampaikan pentingnya para mahasiswa dan siswa mengetahui tentang penyakit AIDS, bagaimana penularannya sehingga bisa melakukan pencegahan sedini mungkin, dan juga sebagai modal bagi mahasiswa khususnya dari kalangan  Kesmas saat terjun langsung ke lingkungan masyarakat, dimana diketahui sampai saat ini jumlah kasus HIV di Aceh semakin meningkat. Untuk itu diharapkan melalui sinergitas berbagai komponen institusi dan lintas sektor permasalahan penyakit HIV dapat diselesaikan. (Isn)

Lainnya :