Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka, UTU Mengadakan Rapat

MEULABOH - UTU | Dalam rangka menyukseskan Program Merdeka Belajar di Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa, 8 Desember 2020, Universitas Teuku Umar mengadakan rapat evaluasi kesiapan pelaksanaan program tersebut. Rapat yang dilaksanakan di Gedung Terintegrasi UTU tersebut dihadiri oleh seluruh pihak yang terkait, yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dekan, Wakil Dekan I, Kepala UPT TIK, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala Bagian Keuangan, KTU Fakultas, Koordinator Pusat Pengembangan Bahasa dan Kurikulum, Koordinator Pusat Pengelola Kuliah Kerja Nyata, Ketua Pusat Penjamin Mutu, Kasubbag Akademik, Kasubbag Kemahasiswaan, Kasubbag Kerjasama dan Humas, Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas, Ketua Program Studi, Pengelola SIA Universitas dan Fakultas, dan perwakilan dari beberapa dosen.

Rapat yang diadakan pada selasa pagi ini dipandu oleh Kepala Biro AKPK, Bapak Drs. Muslim Raden, M.Si. Kepala Biro AKPK menyampaikan bahwa sesuai dengan Kalender Akademik Tahun 2020/2021, hari pertama perkuliahan Semester Genap 2020/2021 akan dimulai pada 22 Februari 2020. Artinya dengan waktu yang semakin singkat perlu dibicarakan kembali sudah sejauh mana progres dari masing-masing pihak yang terkait, dan kendala-kendala apa saja yang dialami untuk selanjutnya dicarikan solusi secara bersama.

Sejalan dengan hal tersebut, Rektor Universitas Teuku Umar dalam sambutan dan arahannya juga menyampaikan bahwa program yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan wacana yang sudah dibicarakan UTU 4 tahun silam, namun ketika itu UTU belum dapat merealisasikannya karena masih terbentur dengan aturan-aturan yang berlaku. Sehingga dengan adanya program Merdeka Belajar di Kampus Merdeka ini fokus dari perkuliahan itu ialah pengembangan diri, bukan untuk mencari pekerjaan. Itu sudah saya bicarakan 4 tahun yang lewat. Tutur Prof. Jasman.

Rapat dilanjutkan dengan pemaparan progres dari pihak-pihak yang terkait, yang dimulai dari Koordinator Pusat Pengembangan Bahasa dan Kurikulum, kemudian pemaparan oleh Koordinator Pusat Pengelola Kuliah Kerja Nyata, dan yang terakhir pemaparan dari Kepala UPT TIK. Kepada Para Dekan juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasan dan masukan dalam persiapan pelaksanaan MBKM yang dimulai pada Semester Genap 2020/2021 ini.

Lainnya :