UTU Verifikasi Calon Mahasiswa Baru Lulusan Jalur Undangan
  • UTU News
  • 12. 04. 2019
  • 0
  • 217

MEULABOH – Panitia penerimaan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan verifikasi terhadap calon mahasiswa baru jalur undangan yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019. Verifikasi  berlangsung di Halaman Depan Rektorat UTU,  8 s/d 10 April 2019 .

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. Alfizar, DAA yang dikonfirmasi UTU News di ruang kerjanya menjelaskan, sebanyak 644 calon mahasiswa yang lulus tahap pertama melalui jalur undangan SNMPTN pada Universitas Teuku Umar, tersebar pada 18 Program Studi (Prodi) di enam fakultas dalam lingkup UTU.

Tahap kedua yang lulus melalui jalur SBMPTN, seleksinya direncanakan pada 13 April s/d 26 Mei 2019 mendatang melalui pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan selanjutnya tahap ketiga akan dilaksanakan tes calon mahasiswa baru melalui jalur SMMPTN atau jalur mandiri, ujar Alfizar.

Lebih lanjut  Alfizar, menyebutkan, tahun 2019 ini terjadi peningkatan daya tampung mahasiswa baru di Universitas Teuku Umar, mengingat animo calon mahsiswa yang mendaftar semakin tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan, tahun 2018 untuk seleksi SBMPTN selalu di bawah angka 2000 calon mahasiswa dengan daya tampung sebanyak  1.545 mahasiswa dari tiga jalur seleksi.

Namun, pada tahun 2019 ini  kita akan merencanakan UTU dapat  menampung mahasiswa baru sebanyak 1.800 orang, dan 644 orang sudah diisi dengan kuota SNMPTN (30 persen), sisanya nanti akan diisi oleh mahasiswa jalur SBMPTN (40 persen ) dan jalus Mandiri atau SMMPTN (30 persen). Sementara yang sudah mendaftar pada Jalur SBMPTN saat ini mecapai  2.800 orang belum lagi ditambah jalur seleksi mandiri nantinya. Demikian juga dengan calon mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang pada tahun 2018 lalu UTU mendapat kuota sebanyak 804 orang. Untuk tahun 2019 ini terjadi peningkatan sebanyak 997 mahasiswa Bidikmisi. Sedangkan penerimaan yang terbagi dari lulusan jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN, diperkirakan peningkatannya akan mencapai 24 persen..

Dalam menyahuti animo masyarakat, kata Alfizar,  calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UTU yang merupakan universitas kebanggaan masyarakat Barat Selatan Aceh ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Dalam kesempatan itu, Alfizar mengatakan, saat ini UTU terus berbenah diri baik membangun infrastruktur maupun sumber daya manusianya.  “Sekarang ini UTU sedang membangun gedung baru untuk ruang kuliah berlantai 4 dengan jumlah 87 ruang yang terdiri dari ruang belajar, laboratorium, ruang dosen serta ruang pimpinan yang Insya Allah akan dapat di fungsikan pada tahun 2020 nanti”, ujar Alfizar. (Zafhuri/HUMAS UTU)

Lainnya :