UTU Sebar Hand Washer Untuk Bantu Cegah Penularan Covid-19
  • UTU News
  • 01. 04. 2020
  • 0
  • 1593

MEULABOH - UTU | Dengan menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan secara teratur tentu menjadi salah satu faktor pendukung bagi daya tahan tubuh seseorang mencegah datangnya penyakit. Menindaklanjuti hal itu, Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Universitas Teuku Umar membuat dan menyebarkan Hand Washer (HW) di beberapa titik dalam Kabupaten Aceh Barat.

HW diharapkan dapat menjadi solusi menjaga kebersihan tangan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Untuk tahap pertama sebanyak 10 HW telah didistribusikan ke berbagai tempat strategis yang merupakan tempat pelayanan publik seperti rumah sakit, pasar, stasiun, terminal, puskesmas dan lainnya di wilayah Aceh Barat.

Ketua Satgas Cegah COVID-19 UTU, Dr. Mursyidin, MA menegaskan, keberadaan alat ini bersifat mencegah dan bukan mengobati. “Dengan adanya alat ini, tidak mendorong masyarakat untuk keluar rumah.

“Stay at home” tetap nomor satu, namun kami memahami terdapat kondisi seperti pelayanan kesehatan atau pelayanan publik yang tetap membutuhkan HW sebagai alternatif solusi,” ungkap Mursyidin dalam siaran pers yang dilansir Humas UTU, Selasa (31/3/2020) di Meulaboh.

Tim Satgas Cegah Covid-19 UTU selama 3 hari berturut-turut mendistribusikan Hand Washer dan Hand Sanitazer ke beberapa titik sentral dalam kabupaten Aceh barat diantaranya Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh, Pasar Bina Usaha dua unit, Terminal meulaboh, PPI Blang Pulo, Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Puskesmas Johan Pahlawan, Puskesmas Meureubo dan Klinik Ananda Family. Sementara satu unit lainnya telah dipasang di kampus Universitas Teuku Umar.

"Khusus untuk RSUCND, kita diterima langsung oleh Direktur RS dan jajarannya. Selain Hand Washer, UTU juga membantu sejumlah Hand Sanitazer yang diharapkan dapat membantu petugas medis yang bekerja dibarisan terdepan dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan." Terang Dr. Mursyidin yang juga Wakil Rektor III UTU.

Turut hadir dalam kegiatan pendistribusian Hand Washer dan Hand Sanitazer adalah Kabiro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE.Ak, Kabiro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Muslim Raden, M.Si, Dekan FP UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, M.Si, Kabag Keuangan, Zulfirman, M.Si, Kabag Umum, Said Adla Fauzan , SP., MP, Kepala Labster UTU, T. Amarullah, M.Si dan beberapa anggota tim satgas Cegah Covid-19 UTU.

Sementara itu, Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., M.B.A mengapresiasi terobosan yang dilakukan tim satgas UTU yang telah bergerak cepat merespon kebutuhan masyarakat dalam hal upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui penyediaan Hand Washer.

Rektor berharap terobosan yang dilakukan oleh tenaga pendidik di perguruan tinggi ini dapat meningkatkan pengabdian para akademisi dalam dunia kesehatan di Aceh Barat, serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Aceh. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :