Tiga Universitas Pemenang Lomba Temu Wicara Regional IX-FKMTSI
  • UTU News
  • 12. 05. 2019
  • 0
  • 85

MEULABOH – Pelaksanaan Tahunan Temu Wicara Regional IX-FKMTSI (Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia) Wilayah Aceh yang diadakan oleh Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil - Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar (HMTS-FT-UTU), menampilkan berbagai kegiatan, dan tiga universitas di Aceh pemenang perlombaan FKMTSI.

Pelaksanaan FKMTSI Wilayah Aceh, yang berlangsung selama lima hari, di Aula Utama UTU, 22-26 April 2019, bertema "Revitalisasi Strategi FKMTSI Wilayah Aceh Menghadapi Tantangan Globalisasi". Peserta temu wicara regional 200 orang, para undangan sekitar 50 orang.

Korwil FKMTSI Wilayah Aceh, M. Naufal Hanif. S menjelaskan, jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam FKMTSI adalah seminar nasional, demonstrasi teknologi,  malam keakraban, kunjungan proyek, perlombaan yang meliputi lomba waterpass, lomba autocad, lomba karya tulis ilmiah antar Institusi Se-Aceh,  kongres wilayah dan field trip.

 Naufal menyebutkan, lomba waterpass merupakan sebuah lomba di bidang Teknik Sipil yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kompetensi kepada mahasiswa. Pemenang lomba waterpass adalah: Universitas Samudra Langsa (Juara I), Universitas Teuku Umar (Jaura II), Universitas Syiah Kuala (Jaura III).

Lomba AutoCad merupakan sebuah lomba di bidang ketekniksipilan yang bergerak di bidang design. Lomba AutoCad Juara I diraih Universitas Teuku Umar,      Universitas Syiah Kuala (Juara II) dan Juara III adalah Universitas Samudra Langsa. Sedangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara I diperoleh Universitas Syiah Kuala, Juara II Universitas Syiah Kuala, dan Juara III adalah  Universitas Teuku Umar.

Sementara pemateri seminar nasional disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Rizal Z Tamin (Guru Besar ITB) dengan judul, “Peningkatan Kompetisi Sarjana Teknik Sipil Wilayah Aceh”, Ir. Sunarwadi, M.Si (Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh) dengan judul, “Upaya Pemerintah Aceh Dalam Menyerap Lulusan Sarjana Teknik Sipil Serta Memastikan Kualitas Infrasturuktur yang Baik” dan Samsunan, ST.,MT (Dosen Fakutas Teknik UTU) dengan judul, “Peluang dan Tantangan  Sarjana Teknik Sipil Di Aceh Pasca Otsus”. (zakir)

Lainnya :