Rektor Breafing Tim Akreditasi Perguruan Tinggi UTU
  • UTU News
  • 10. 11. 2019
  • 0
  • 177

MEULABOH, UTU - Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengecek langsung persiapan dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang sedang disusun oleh Tim inti APT UTU yang sudah berlangsung selama tiga hari di Hotel Kuala Radja, yaitu 08-10 November 2019.

Prof. Jasman memastikan kepada tim penyusun agar semua instrumen APT (9 Kriteria) terisi semua dan melaporkan setiap kendala yang dihadapi sehingga bisa segera di atasi. Penegasan tersebut disampaikan Rektor saat melakukan breafing bersama seluruh anggota tim APT UTU yang dilakukan di Lantai II Zakir Kupi, Lampriet, Banda Aceh (10/11).

Disamping itu, Rektor mengingatkan kepada tim APT khususnya kepada bagian kehumasan agar segera membuat SOP dalam hal pengelolaan informasi sehingga setiap kegiatan kampus baik kegiatan internal (seminar, workshop, pelatihan, upacara, kegiatan pimpinan, kemahasiswaan, akademik, dll) dan kegiatan eksternal (Pengabdian, penelitian, konferensi, kunjungan kerja, kerjasama, kerja lapangan, monev, dll) dapat terekod dengan baik, sehingga dokumen tersebut dapat membantu peningkatan Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut Rektor bersmaa tim APT UTU membedah Instrumen APT 3.0 berorientasi pada output dan outcome yang terdiri dari 2 bagian yaitu Laporan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri Perguruan Tinggi (LED).

Data kuantitatif yang bersumber dari LKPT yang memuat capaian indikator kinerja perguruan tinggi. Indikator itu disusun oleh BAN-PT secara khusus dengan mempertimbangkan kekhasan perguruan tinggi tersebut. Data tersebut kemudian oleh tim APT memasukan dalam LED, dimana LED memuat dokumen evaluasi yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan institusi, yang tidak hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria.

Herdi Susanto, MT salah seorang anggota tim penyusun LKPT & LED kepada media UTU.News mengatakan "Kita dituntut menemukenali kekuatan yang dimiliki serta aspek yang perlu mendapat perbaikan dalam penyusunan LKPT & LED sesuai dengan kriteria yang ditetapkan BAN-PT".

"Perguruan Tinggi harus melakukan analisis dan menetapkan program pengembangan institusi yang akan digunakan sebagai basis penilaian pada siklus akreditasi berikutnya. Dengan demikian upaya peningkatan mutu secara berkelanjutan dalam upaya membangun budaya mutu perguruan tinggi, dapat segera terwujud". Tutup Herdi

Sembilan kriteria yang dinilai dalam APT 3.0 adalah (1). Visi, misi, tujuan dan sasaran; (2). Tata pamong, tata kelola dan kerjasama; (3). Mahasiswa; (4). Sumber daya manusia; (5). Keuangan, sarana dan prasarana; (6). Pendidikan; (7). Penelitian; (8). Pengabdian kepada masyarakat; dan (9). Luara dan Capaian Tridharma.

Adapun tim APT UTU yang mengikuti kegiatan ini antara lain adalah Wakil Rektor II dan III Dr. Ishak Hasan, M.Si dan Dr. Mursyidin, MA. Selanjutnya Herdi Susanto, MT; Nellis Mardhiah, M.Sc; Triyanto, MA; Aduwina, S.Sos., M.Sc; Mirdha Fahlevi, M.Sc; Nabil Zurba, M.Si; Teungku Nih Farisi, M.Kes; Herman Syahputra, M.Si; Husni Mubarak, SH dan Said Adla Fauzan, MP. (Aduwina).

Komentar :

Lainnya :