Prodi Komunikasi FISIP UTU  Gelar Sosialisasi Magang Bagi Mahasiswa
  • UPT_TIK
  • 22. 01. 2021
  • 0
  • 1531

MEULABOH, UTU – Dalam usaha memberikan pemahaman strategi dan tujuan magang kepada mahasiswa, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (UTU), menggelar sosialisasi magang kepada mahasiswa ilmu komunikasi secara daring, Jumat, 22 Januari 2021.

Sosialisasi magang yang diberi tema, “Realisasi Magang Melalui Program Kampus Merdeka Demi Menyukong Kemajuan SDM Ilmu Komunikasi Lebih Maju”, pematerinya adalah Koordinator KKN-LPPM dan Magang UTU, Teungku Nih Farisni, SKM.,M. Kes dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP, Putri Maulina, M. I. Kom.  Sosialisasi magang berlangsung penuh antusias yang dilanjutkan dengan tanya jawab mahasiswa dengan pemateri.

Putri Maulina antara lain menyampaikan, bahwa belakangan ini Kampus UTU sudah ada wacana bahkan sudah diprogramkan ketentuan magang kepada mahasiswa sesuai perubahan kurikulum, karena Kampus UTU menuju Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. “Jadi, salah satu yang ditekankan oleh Pimpinan UTU adalah pemagangan. Pemagangan itu salah satu program dari Kampus Merdeka Belajar”, ujar Putri Maulina.

Teungku Nih Farisni mengatakan, melalui program magang 1-2 semester, akan memberikan pengalaman yang cukup bagi mahasiswa, karena magang itu adalah pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). “Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskills (keterampilan complex problem solving, analytical skill, dan sebagainya), maupun softskills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama dan sebagainya).

Tengku Nih menguraikan, hardskill tersebut antara lain merumuskan permasalahan (sesuai bidang ilmu) sebanyak 3 SKS. Menyelesaikan permasalahan (sesuai bidang ilmu) 3 SKS, dan penulisan karya ilmiah (sesuai bidang ilmu) 4 SKS. Sedangkan softskill mencakup antara lain kemampuan berkomunikasi 2 SKS, kemampuan bekerjasama 2 SKS, dan kerja keras 2 SKS. (***)

Lainnya :