Peringati Hari Konservasi Kehidupan Liar, Dosen Dan Mahasiswa Prodi IKL Lakukan Kegiatan Sosialisasi

Meulaboh – Bertepatan pada tanggal 14 desember 2019, jajaran dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan FPIK-UTU melakukan kegiatan sosialisasi konservasi penyu yang berlokasi di Posko Lembaga Konservasi Penyu Aroen Mubanja, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan ini juga bertepatan dengan hari Konservasi Kehidupan Liar (Wildlife Conservation Day, 4/12) yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 oleh pegiat lingkungan diseluruh dunia.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh masyarakat umum dan kelompok pegiat lingkungan seperti SDC-UTU, Kofakaha-Unsyiah, PK-UTU serta siswa-siswi SMPN Panga. Kegiatan yang dikemas oleh Gerakan Pecinta Lingkungan ini dilaksanakan selama dua hari (14-15/12) yang diisi dengan berbagai agenda kegiatan edukatif seperti pemaparan materi sosialisasi penyu, pengenalan habitat penyu, kegiatan monitoring sarang penyu serta tatacara melakukan relokasi telur penyu yang baik dan benar. Kegiatan Hari Konservasi Kehidupan Liar ini juga turut dihadiri oleh bapak Prof. Dr. M. Ali. S, M.Si yang merupakan dekan FPIK-UTU, bapak Mohamad Ghazali, M.Si Kaprodi Ilmu Kelautan UTU serta beberapa dosen FPIK lainnya. Sedangkan pemaparan materi sosialisasi ekosistem dan habitat penyu disampaikan secara langsung oleh Samsul Bahri, M.Si yang juga merupakan dosen pada prodi Ilmu Kelautan.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dianggap penting karena status populasi dan habitat penyu yang sudah sangat terancam. Seperti yang kita ketahui bahwa 6 dari total 7 jenis spesies penyu di dunia terdapat di Indonesia, hal ini menjadikan wilayah Indonesia sebagai pantai peneluran penyu terbesar di dunia. Meskipun telah dilindungi melalui peraturan nasional dan internasional, ancaman dan pemanfaatan terhadap 6 jenis penyu masih terus terjadi di Indonesia. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pegiat lingkungan lainnya tentang pentingnya menjaga dan melestarikan keberadaan penyu yang dikenal sebagai spesies purba penjelajah samudera dunia.

Komentar :

Lainnya :