Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan Melakukan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan
  • Program Studi Ilmu Kelautan
  • 06. 07. 2020
  • 0
  • 831
  • MAHASISWA

Sebanyak 12 orang mahasiswa program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang tersebar di sejumlah instansi pemerintah dan non pemerintah sejak akhir Juni lalu. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini hanya dapat dilakukan oleh mahasiswa yang telah mencapai jumlah Sistem Kredit Semester tertentu sebagai salah satu kegiatan yang diwajibkan dalam kurikulum program studi ilmu kelautan. Beberapa instansi yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan para mahasiswa adalah Pusong Diving Club ABDYA, BPIP Simeulue, BBIAL Pulau Banyak, PPI Lampulo, dan WCS Indonesia region Aceh.

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan praktik secara langsung dimana mahasiswa dituntut untuk dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku universitas untuk diterapkan kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari dimana para mahasiswa akan melaksanakan kegiatan berdasarkan topik yang telah disepakati dengan pembimbingnya.

Kepala program studi ilmu kelautan bapak Mohammad Gazali menyampaikan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan sosial analisisnya, dimana mereka dituntut untuk beradaptasi dengan masyarakat dan menerapkan disiplin ilmunya bagi masyarakat pada jangka waktu yang telah ditentukan. Setelah menyelesaikan kegiatan lapangan, mahasiswa nantinya akan membuat laporan tertulis dan memaparkan hasil kegiatannya dihadapan penguji, pembimbing dan peserta seminar. Dengan adanya kegiatan Praktik Kerja Lapangan diharapkan mampu membentuk karakter mahasiswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, namun juga secara emosional. (SB)

Komentar :

Lainnya :