Mahasiswa PKIP FKM UTU adakan Seminar Kesehatan

Meulaboh - Mahasiswa/i Peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakay Universitas Teuku Umar (FKM UTU) mengadakan Seminar Kesehtan dengan tema bertemakan " Komunikasi Efektif Berbasis Islami dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Kesehatan di Era Millenial 4.0" pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2019 di Aula Utama Universitas Teuku Umar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKM UTU Prof. Dr. drh Darmawi M.Si yang diwakilkan oleh Wakil Dekan II Susy Sriwahyuni S, SKM, M.Si, Dosen dan Staff FKM, serta para peserta seminar dari mahasiswa/i UTU baik dari Fakultas Kesehatan Masyarakat maupun Fakultas lainnya.

Acara ini menghadirkan 3 orang Narasumber yang bertalenta tinggi dan berkompeten dibidangnya, diantanya Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Unsyiah dan Trainer Pelayanan Islami Dr. Irwan Saputra, S.Kep, MKM, Kabag Pelayanan Dan Keperawatan RSU CND Cut Hasanudin, SKM, M.Si dan juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah, SKM, M.Si.

Ketua Panitia Kegiatan Wanda Setiawan menyebutkan “kegiatan seminar kesehatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diadakan oleh persatuan mahasiswa/i PKIP FKM UTU, dimana Seminar Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa serta tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menggunakan komunakasi yang berbasis islami” ungkapnya.

Selain itu Arfah husna,  SKM, MKM selaku dosen pengampuh mata kuliah Seminar PKIP menambahkan bahwa “Seminar Kesehatan ini merupakan output akhir yang harus dicapai mahasiswa/i dari mata kuliah Seminar PKIP,  dimana mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut harus mampu mengadakan sebuah seminar” ungkapnya.

Dekan dalam sambutannya yang disampaikan oleh wakil dekan II ibu Susi Sriwahyuni,  SKM,  M. Si menyampaikan “Komunikasi efektif berbasis islami sangat penting dterapkan dalam berkomunikasi dengan masyarakat, dimana komunikasi yang efektif berbasis islami merupakan salah unsur yang sangat penting dalam kegiatan promotif dan preventif”. Lebih lanjut Wakil Dekan II menyampaikan “mengingat antusias peserta dan banyak manfaat dari seminar ini,  mengharapkan seminar dapat dilaksanakan secara berkelanjutan”.

Dr. Irwan Saputra S.Kep.MKM selaku narasumber berpesan "dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, mahasiswa dan seluruh tenaga kesehatan haruslah pandai dalam berkomunikasi yang baik dengan masyarakat, 4 kunci komunikasi efektif berbasis islami adalah berpenampilan sederhana,  berpenampilan lemah lembut, memudahkan urusan orang lain dan membahagiakan orang lain" ungkapnya.

Lainnya :