Mahasiswa FKM UTU Raih Juara 3 Poster Tingkat Nasional

Cimahi – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) raih juara 3 lomba Poster Tingkat Nasional pada ajang Public Health Award Competition (PHAC) yang diselenggarakan di STIKES Jendral Achmad Yani, Cimahi pada Hari Minggu tanggal 8 Maret 2020.

Kegiatan ini pada awalnya diikuti oleh 22 peserta lomba poster yang tersebar di seluruh Universitas di Indonesia, dan sesuai dengan surat panitia penyelenggara nomor : 227/B/MUSKERNAS XVII ISMKMI/-e/II/2020 perihal pemberitahuan babak final dipilihlah 10 Besar yang masuk kedalam babak final, diantaranya Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Teuku Umar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Negeri Malang, STIKES Indramayu, Universitas Widya Gama Mahakam, STIKES Jendral Achmad Yani Cimahi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan Universitas Negeri Semarang.

Universitas Teuku Umar yang dalam perlombaan poster mengirimkan 2 orang mahasiwa FKM UTU yaitu Fedia Rizkita dan Siti Khotimah dan 2 delegasi lainnya, yaitu Novriadi Ihsan dan Lili Rahmawati yang mengikuti perlombaan Karya Tulis Ilmiah sekaligus mengikuti kegiatan Musyawarah dan Rapat Kerja Nasional ke XVII Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia mewakili Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UTU.

Tim Poster Universitas Teuku Umar memperoleh nilai karya sebesar 2.340, dan memperoleh nilai presentasi sebasar 2.485, dengan total nilai sebesar 4.825, sehingga dengan nilai tersebut perwakilan FKM UTU mendapatkan Juara 3 Lomba Poster Nasional dalam kegiatan PHAC, disusul dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju pada Juara 2 dengan total nilai 4.842,5, dan juara 1 diraih oleh Universitas Dian Nuswantoro dengan peroleh nilai 5.015.

Ketua Tim Poster UTU, Fedia Rizkita menyampaikan “sangat bersyukur atas perolehan juara 3 lomba poster tingkat nasional ini, sehingga kami mampu berkontribusi untuk kemajuan Fakultas khususnya dan Universitas Teuku Umar pada umumnya, dan kami terus berusaha sehingga diwaktu mendatang dapat memberikan prestasi yang lebih membanggakan demi kemajuan Universitas”ungkapnya. Selain dari pada itu terkait poster yang dilombakan Fedia menyampaikan “mengambil tema terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, karena hal itu merupakan perilaku yang harus diperhatikan oleh semua kalangan, termasuk anak Kos. Anak kos cenderung tidak memperhatikan kesehatannya karena dinilai sangat merepotkan karena sibuk dengan segala tugas, praktikum yang ada sehingga waktu yang dimiliki untuk hal tersebut sangatlah terbatas, untuk itu poster ini hadir untuk memberikan pemahaman bahwa sehat itu mudah, dan sehat itu di bawa SANTUY aja sesuai dengan poster" ungkapnya.

Pencapaian prestasi ini disambut baik oleh Wakil Dekan I FKM UTU Safrizal, SKM, M.Kes, dimana Safrizal menyampaikan “sangat mengapresiasi atas keberhasilan yang diraih oleh anak-anak program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM UTU diajang Nasional. Kegiatan itu merupakan ajang yang bagus sebagai bentuk kreatifitas, menumbuhkan semangat dan motivasi mahasiswa untuk berprestasi seiring menyelesaikan tugas kurikulernya. Dan kita berharap juga hal ini dapat tertular bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi, karena kita sangat mendukung kegiatan lomba seperti ini”ungkapnya.

 

Poster karya Fedia Rizkita dan Siti Khotimah yang dilombakan dalam ajang Public Health Award Competition (PHAC) yang diselenggarakan di STIKES Jendral Achmad Yani, Cimahi

Lainnya :