Mahasiswa FKM UTU ikuti Pembekalan PBL I

Meulaboh - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) Angkatan 2017 mengikuti Pembekalan Praktek Belajar Lapangan (PBL) I pada hari Jum’at tanggal 3 Januari 2020 di Aula Utama Universitas Teuku Umar.

Kegiatan pembekalan dihadiri oleh Dekan FKM UTU Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si yang diwakili oleh Wakil Dekan I Safrizal, SKM, M.Kes dan Wakil Dekan II Susy Sriwahyuni S,SKM, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fitrah Reynaldi, SKM, M.Kes., kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Tata Usaha Muhammad Idris, S.Pd., M.Pd., seluruh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dan seluruh mahasiswa yang akan malaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) I.

Praktek Belajar Lapangan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 24 Januari 2020 di  17 Desa yang tersebar di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Adapun jumlah mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 84 mahasiswa yang terbagi menjadi 17 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh 1 orang DPL, sehingga jumlah DPL pada PBL ! tahun 2020 ini sebanyak 17 orang Dosen.

Kegiatan ini diawali dengan sambutann Dekan FKM UTU yang diwakili oleh Safrizal, SKM, M.Kes, dimana dalam sambutannya menjelaskan bahwa “tujuan dari kegiatan pembekalan ini adalah sebagai  bekal mahasiswa dalam melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) I agar mahasiswa siap, mampu dan tahu apa yang harus dilaksanakan dilapangan, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.”ungkapnya.

Pembekalan PBL I ini diisi oleh Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes selaku narasumber dan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, adapun materi yang disampaikan dalam pembekalan ini diantaranya terkait kegiatan yang akan dilakukan di lapangan, tata cara pengisian instrumen yang digunaka hingga pada proses akhir dalam pengolahan data dan pembuatan laporan. Dalam pemberian materi, Teungku Nih berpesan “agar mahasiswa menjalankan PBL dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga nama baik almamater kampus UTU tercinta ini”ungkapnya.

Setelah kegiatan pembekalan selesai, kegiatan ini ditutup dengan pengumuman nama-nama kelompok beserta DPL yang akan mendampingi selama proses PBL I ini berjalan.

Lainnya :