Mahasiswa Fisip-UTU Lakukan Pendalaman Materi di Harian Serambi Indonesia
  • UPT_TIK
  • 27. 03. 2018
  • 0
  • 804

MEULABOH – menjelang ujian final, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU),  dibebankan mengikuti pendalaman materi dan responsi lapangan terhadap mata kuliah Menulis Artikel dan Opini, pada Harian Serambi Indonesia, selama tiga hari, 24 sampai 26 Maret 2018.  Mahasiswa yang ikut responsi pada perusahaan pers tersebut  berjumlah 24  orang, semester VI, Program Studi Ilmu Komunikasi.

Pendalaman meteri dan responsi lapangan itu, merupakan kewajiban bagi mahasiswa yang memilih mata kuliah Menulis Artikel dan Opini,  dengan tujuan untuk pemantapan dan pendalaman materi secara sempurna mengenai ilmu pengetahuan dalam bidang menulis artikel dan opini. Selama responsi di Harian Serambi Indonesia , mahasiswa didampingi  Drs. Muzakkir, MA  dosen pengasuh mata kuliah menulis artikel dan opini dimaksud. Kehadiran mahasiswa di Perusahaan pers yang bergengsi  itu, disambut Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika.

Selama berada di  Serambi, mahasiswa dibekali pendalaman ilmu tentang menulis artikel dan opini dan dilanjutkan dengan orientasi serta diperkenalkan konsep pengelolaan berita/gambar/audio visual dari model kantor redaksi berubah menjadi konsep Newsroom, dari sistem pengelolaan tak bersinergi menjadi bersinergi/konvergensi.

Yarmen juga memperlihatkan cara kerja surat kabar Harian Serambi Indonesia, online, radio dan televisi yang terintegrasi dalam satu atap di Newsroom Serambi dengan aplikasi pemberitaan menggunakan rumuh 5W + 4B  bertransformasi menjadi rumus secondary news, lalu berubah lagi menjadi multiangle 3W + 4B dan sekarang menjadi one focus reporting. (Rumus lama 5W + IH sejak tahun 2001 tidak lagi dipakai  sebagai rumus berita) dan  setiap kantor Koran sekarang sudah dibentuk desk multimedia.   

Yarmen yang juga salah seorang ilmuan jurnalistik dan wartawan senior Harian Serambi  tampak sangat serius membimbing dan membekali mahasiswa. Yarmen menyebutkan, kehidupan jurnalisme dan perkembangan media di era modern telah diterapkan dengan sempurna di Harian Serambi Indonesia. Kepada mahasiswa, Yarmen menjelaskan  multiangle 3W + 4B dengan pengertian 3W adalah what happen, what that mean to me, dan what should I do. Sedangkan 4B adalah practical benefit, intellectual benefit, emotional benefit dan spiritual benefit.

Yarmen juga secara panjang lebar mengupas mengenai artikel dan opini serta pengembangannya saat ini. Dijelaskan juga kiat menulis dengan baik, serta syarat dan kriteria  yang harus terpenuhi dalam sebuah artikel opini untuk dipublikasi dalam sebuah media.  Pemaparan materi artikel dan opini yang dilanjutkan dengan diskusi mahasiswa, berlangsung dengan sangat baik dan lancar.

“Kami sangat puas dan wawasan kami bertambah selama kami mengikuti pendalaman materi di Harian Serambi. Harian Serambi Indonesia cukup lengkap fasiltas dan peralatan, mulai dari konsep pengeloaan berita/gambar/audio visual juga diperlihatkan cara kerja media online, radio, dan televisi yang satu atap dengan Harian Serambi Indonesia”, ujar Wanda Khairunnisa, komting yang dibenarkan semua mahasiswa lain yang ikut responsi .(Muzakkir)

Lainnya :