J-Kesmas, Jurnal kedua di UTU Raih Akreditasi SINTA Peringkat 4
  • UTU News
  • 18. 09. 2020
  • 0
  • 2394

MEULABOH - UTU | Khabar gembira menyelimuti para punggawa pengelola Jurnal di Universitas Teuku Umar, khususnya pengelola J-Kesmas, Jurnal program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Betapa tidak, J-Kesmas berhasil meraih akreditasi SINTA peringkat 4 dari sebelumnya di peringkat 6.

Hal itu diketahui dengan keluarnya hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2020 dan telah diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 148/M/KPT/2020 yang ditetapkan pada tanggal 3 Agustus 2020.

J-Kesmas merupakan Jurnal kedua di UTU terakreditasi SINTA 4 setelah diperiode I Tahun 2020 terdapat Jurnal Community, Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Keberadaan Jurnal dalam dunia akademik seperti Perguruan Tinggi menjadi penting. Jurnal sebagai karya ilmiah merupakan sumbangsih pemikiran intelektual dari dunia akademik.

Prof. Dr. Drh. Darmawi, M.Si selaku Chief Editor Jurnal J-Kesmas menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas pencapaian Akeeditasi SINTA peringkat 4. "Tim pengelola Jurnal J-Kesmas selama ini aktif melakukan berbagai upaya perbaikan dan peningkatan baik peningkatan kapasitas pengelola, maupun pemenuhan seluruh instrumen penilaian jurnal." Jelasnya

Prof Darmawi yang juga Dekan FKM UTU ini menambahkan keunggulan jurnal J-Kesmas yaitu proses submit hingga publish artikel sepenuhnya berbasis Open Journal Systems (OJS).

“Indikator penilaian jurnal yakni dari pengelolaan, sistem yang baik, tepat waktu dalam merilis publikasi. Selain itu pada setiap pengelolaan jurnal juga rutin dipantau oleh Ristek/BRIN. Terakreditasinya jurnal J-Kesmas ini berkat dukungan dari berbagai pihak baik dari pimpinan, pengelola jurnal Universitas, kaprodi dan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI)." Pungkas Prof Darmawi.

Sementara Koordinator Pusat Pengembangan Jurnal Ilmiah UTU, Nodi Marefanda, M.A.P menyampaikan Alhamdulillah hingga periode II tahun 2020, kita telah memiliki 14 jurnal yang terakreditasi SINTA dari 24 jurnal secara keseluruhan, dengan perolehan akreditasi beragam mulai peringkat SINTA 4, 5 dan 6. Dan khusus Jurnal J-Kesmas merupakan Jurnal kedua yang memperoleh akreditasi SINTA peringkat 4 selain dari Journal Community Sosiologi FISIP UTU.

"Selain itu, instrumen penilaian jurnal berbasis digital, tidak seperti dulu yang manual, yang dilihat pertama adalah penyebarannya, kunjungan setiap harinya atau dinilai jumlah viewer-nya,” jelas Nodi.

Selain jumlah Viewer-nya yang semakin banyak, kemudian juga dilihat dari sisi SDM nya. Editor dan Reviewernya juga sangat penting. Reviewernya di Jurnal J-Kesmas memang sudah beragam, yaitu dari Universitas Andalas Padang, Unmuha Aceh, UISU Medan dan Akper Kesdam Medan. Selain dari dalam negeri juga terdapat Reviewer dari luar Negeri diantaranya The Ohio State Amerika Serikat, Khon Kaen University, Thailand; dan University Sultan Zainal Abidin, Malaysia," imbuhnya lagi.

Ketiga, hal yang tidak kalah penting ialah manajemen OJS-nya itu sendiri. Dilihat dari mana artikel itu masuk, dikelola, dan dimasukan ke editor, reviewer. Proses tersebut menurut Nodi, yang juga sebagai Dosen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan proses yang sudah memiliki sistem tersendiri.

“Ketiga indikator tersebut harus benar-benar disiapkan untuk pengajuan akreditasi. Kami dari tim pengelola pusat, selalu siap apabila pengelola di tingkat prodi mengalami kesulitan pada sistem OJS,” Pungkas Nodi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :