GenBI UTU Kunjungi Preneur Eceng Gondok dan Sosialisasi Rawat Gigi Bagi Murid Sekolah Dasar
  • UTU News
  • 10. 11. 2019
  • 0
  • 2485

MEULABOH - Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh,  Komisariat  Universitas Teuku  Umar  (GenBI - UTU)  melaksanakan kegiatan "GenBI Preneur Kunjungan pada Usaha Kerajinan Eceng Gondok  di Desa Kubu, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat dan senam sehat serta sosialisasi cara perawatan gigi yang baik bersama murid  SD Negeri  Suak Puntong, Kabupaten Nagan Raya, 03 dan 05 November 2019.

Kegiatan  ini mengusung tema, "Edukasi Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Peluang Usaha Berbasis Industri Kreatif".   Seperti yang kita ketahui, tanaman yang berasal dari benua Amerika, tepatnya daerah Brazil sangat  populer di indonesia sendiri eceng gondok sangat banyak ditemukan di Danau, Selokan bahkan di Sungai. Eceng Gondok termasuk dalam jenis tanaman air sangat cepat pertumbuhan-nya juga perkembangbiakannya. Terkadang eceng gondok ini dianggap hama bagi para nelayan lantaran memblokir aliran air sekaligus merusak pelayaran para nelayan, begitu pendapat mahasiswa GenBI UTU.

Walaupun demikian peluang usaha budidaya eceng gondok ini menjadi sangat menguntungkan, dikarenakan  tanaman ini sekarang  kerap dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai kerajinan tangan. Kerajinan dengan bahan baku tanaman eceng gondok yang dikeringkan memang memiliki nilai jual yang tinggi. Hal inilah yang membuat budidaya eceng gondok kini makin menjanjikan.

Menurut keterangan mahasiswa GenBI UTU, salah seorang warga di Desa Kubu, Kecamatan Arongan Lambalek,  Cut Afni yang telah membentuk sentra produksi kerajinan eceng gondok  yang dberi nama, " Creatif Kubu",  telah memiliki 15 pengrajin, memanfaatkan peluang eceng gondok menjadi kerajinan yang memiliki estetika seni dan memberi peluang profit yang menjanjikan. Eceng gondok yang tidak dimanfaatkan di sulap menjadi berbagai produk multiguna dan kini banyak diminati oleh masyarakat mulai dari keranjang, kotak tisu, tas aneka bentuk, tikar, piring, sofa dan berbagai produk kebutuhan masyarakat lainnya. Saat ini bentuk produk yang telah di buat oleh sentra produksi ini sejumlah 22 bentuk produk.

Cut Afni berharap semoga nantinya usaha ini dapat terus berkembang dengan pesat sehingga kami dapat terus meningkatkan produksi dan lebih banyak memperkerjakan pengrajin eceng gondok ini, dan tentunya dibutuhkan dukungan teknologi canggih untuk mempercepat laju produksi produk.

"Saat ini kami masih menggunakan peralatan seadanya, dan kami kewalahan dalam menyelesaikan permintaan dari konsumen, hal ini juga di sebabkan oleh cuaca yang kurang mendukung, sehingga kami membutuhkan teknologi seperti alat pengering untuk mempercepat pengeringan produk sehingga dapat meningkatkan produktivitas produk yang dihasilkan oleh Creatif Kubu", ujar Cut Afni yang dikutip mahasiswa GenBI

Rahmat Dilta Harahap Ketua GenBI Komisariat UTU mengatakan, kegiatan  ini dilakukan untuk meningkatkan skill pengurus sekaligus memperoleh pengetahuan peluang wirausaha khususnya di bidang ekonomi kreatif atau industri kreatif. "Kegiatan ini akan kita lakukan untuk peningkatan softskill pengurus GenBI selain itu juga kedatangan kita diharapakan dapat mempromosikan kerajinan ini kepada khalayak ramai dan memotivasi banyak orang untuk memulai bisnis kerajinan eceng gondok yang memberi peluang profit yang tinggi”, sebut Rahmat Dilta Harahap. Kegiatan ini diawali dengan sharing dan di akhiri dengan praktik langsung pembuatan produk dan kegiatan berakhir dengan sesi foto bersama.

Sementera di tempat terpisah, Selasa, 05 November 2019, Komunitas GenBI juga  melaksanakan kegiatan Senam Sehat dan Sosialisasi Cara Perawatan gigi yang baik bersama murid-murid SDN Suak Puntong yang dilaksanakan di SDN suak puntong Nagan Raya.

Kegiatan ini mengusung tema, "Ayo Menjaga Kesehatan Dengan Melakukan Senam Rutin Setiap Hari dan Menggosok Gigi Setiap Hari". Pada kegiatan ini diikuti oleh para murid SDN Suak Puntong dan mahasiswa anggota GenBI Aceh komisariat Universitas Teuku Umar sebagai pemandu acara. “Dengan adanya kegiatan ini kita harapkan murid-murid bisa mengerti dan mengenal pentingnya menjaga tubuh tetap sehat melalui olahraga rutin dan merawat  gigi adalah hal yang penting dijaga dan diterapkan dikehidupan sehari-hari. (Muzakkir/*)

Lainnya :