Dosen UTU Ikut Workshop Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kampus di Jakarta
  • UTU News
  • 28. 03. 2019
  • 0
  • 534

MEULABOH – Dua Dosen Universitas Teuku Umar (UTU), Aduwina, S. Sos.,M.Sc  dan Ishalyadi, SKM.,M. Kes, diutus oleh Rektor UTU, Prof. Jasman mengikuti Workhsop Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Unit Utama, PTN, dan LLDIKTI yang diselenggarakan oleh Biro Hukum & Organisasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, di Jakarta.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari, 25-27 Maret 2019, di Aula Novotel Gajah Mada Jakarta itu, dihadiri  seluruh PPID PTN dan LLDIKTI  Wilayah 1 Sumatera, yang dibuka Moch. Wiwin Darwina, SE.,M.Si (Ketua Tim Reformasi Birokrasi/Ka. Biro Keuangan dan Umum, Kemenristekdikti), menghadirkan beberapa narasumber dari Kemenpan-RB, Ombudsman dan Komisi Informasi Pusat. 

Aduwina, S.Sos., M.Sc sebagai Dosen Fisip UTU yang mengikuti workshop tersebut saat ini dipercayakan sebagai Ketua Pelaksana Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi (PPID) Universitas Teuku Umar. Sedangkan Ishalyadi, S.KM., M.Kes,  Dosen FKM sebagai Narahubung Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Universitas Teuku Umar. “Workshop PPID ini dilaksanakan untuk meningkatkan  kualitas dan kapasitas pengelola dan pelayanan informasi publik dilingkungan kampus”, ujar Aduwina.

Aduwina menyebutkan, beberapa materi penting yang disampaikan dalam workshop tersebut antara lain seputar Reformasi Birokrasi Kementistekdikti, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK), Penguatan Pengelolaan Pengaduan untuk perbaikan pelayanan publik, Penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Nasional (SP4N-LAPOR), Klasifikasi Penyebarluasan Informasi Publik Melalui Laman PPID dan uji konsekuensi informasi yang dikecualikan.

Aduwina menyatakan, kegiatan ini sangat penting diikuti oleh jajaran Universitas Teuku Umar, demi tercapainya salah satu Area Reformasi Birokrasi Kemenristekdikti khususnya PTN yaitu Area Pelayanan Publik. Selain itu, Workshop ini bertujuan agar masing masing PPID PTN dapat menyiapkan dan membuat Daftar Informasi Publik yang diunggah di Website PPID kampus, serta dapat mengklasifikasikan informasi yang bersifat berkala, informasi setiap saat, informasi serta merta dan informasi yang dikecualikan. 

"Banyak hal yang perlu kita persiapkan di lingkup Universitas Teuku Umar (UTU) seputar pengelolaan Informasi Publik dan Keterbukaan Informasi Publik, sehingga ke depan Universitas Teuku Umar mampu bersaing dan bersanding dengan kampus lain di Indonesia yang lebih maju dalam bidang tersebut. Orang lain bisa, Insya Allah kita juga bisa", ujar  Aduwina dengan penuh semangat. (zakir)

Lainnya :