Terapkan WFH, Dosen Ilmu Kelautan Aplikasikan Perangkat E-Learning UTU

 

Meulaboh – Hingga saat ini pemerintah terus memantau kemungkinan perkembangan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Pemerintah juga menyerukan kepada seluruh warga negara agar tetap berada dirumah, begitu pula yang sedang bekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya secara daring (Work From Home). Hal ini juga dialami oleh para dosen program studi Ilmu Kelautan FPIK UTU yang tetap melaksanakan proses belajar dan mengajar meskipun kondisi negeri sedang dalam keadaan krisis virus Corona. Beberapa universitas di Indonesia telah memberikan seruan kepada seluruh dosen agar tetap dapat memberikan materi ajar kepada mahasiswa menggunakan metode daring melalui bantuan perangkat lunak daring. UTU sendiri melalui surat edaran Rektor No. 36604/A3/KP/2020 telah menyerukan kepada seluruh staf, dosen dan mahasiswa agar melakukan kegiatan pekerjaan secara daring atau Work From Home. Begitu pula proses belajar dan mengajar yang selama ini dilakukan didalam kelas agar dapat dilaksanakan secara daring. Salah satu perangkat yang telah digunakan sejak lama oleh para dosen prodi Ilmu Kelautan adalah E-Learning Universitas Teuku Umar.

E-Learning sendiri merupakan suatu perangkat lunak berbasis cloud yang dirancang untuk melakukan proses diskusi dan latihan-latihan kompetensi tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung. Perangkat lunak E-Learning UTU sendiri dapat diakses secara langsung pada link http://elearningv3.utu.web.id/. Untuk menggunakan perangkat ini, pengguna diharuskan mendaftar secara online dan mengkonfirmasi email yang didaftarkan untuk kemudian dapat menggunakan akun yang telah dibuat. Beberapa universitas seperti Universitas Halueleo, Universitas Syiah Kuala juga telah menerapkan metode E-Learning dalam proses belajar dan mengajar sejak lama. Dalam kondisi seperti ini, penggunaan E-Learning sangat efektif dalam upaya mendukung kegiatan belajar mengajar berbasis daring.

Program studi Ilmu Kelautan sendiri juga telah melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi E-Learning di lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar. Tujuan penggunaan aplikasi ini tidak hanya pada kondisi daring secara langsung, melainkan juga sebagai akses dalam diskusi dan berbagi materi sehingga nantinya para peserta dan mahasiswa yang mengikuti kuliah dapat mengunduh materi dan mengunggah tugas serta soal yang telah diberikan oleh dosen. Dengan adanya program E-Learning Universitas Teuku Umar, diharapkan dapat mendukung proses kelancaran belajar dan mengajar tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Komentar :

Lainnya :