Dosen FKM UTU ikuti 5th Asia International Conference di Malaysia
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • 15. 12. 2019
  • 0
  • 3465
  • DOSEN

Kuala Lumpur, Malaysia – Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) mengikuti Konferensi Internasional yakni The 5th Asia International Conference (AIC 2019) dengan tema “Managing Economy and Society in Digital Age” yang dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu tanggal 6 - 8 Desember 2019 yang bertempat di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) Kuala Lumpur-Malaysia.

Kegiatan ini diikuti oleh 5 Dosen FKM UTU diantaranya : Wakil Dekan II FKM UTU Susy Sriwahyuni S, SKM, M.Si dan 4 Dosen lainnya, diantaranya Marniati, SKM, M.Kes, Khairunnas, DCN, M.Kes, Arfah Husna, SKM, MKM, dan Sukma Elida, SKM, M.Kes, serta 1 Dosen Fakultas Pertanian (FP) UTU yakni Jasmi, SP, M.Sc.

Kegiatan 5th Asia International Conference (AIC 2019) dihadiri lebih dari 400 presenter yang berasal lebih dari 15 negara. Kegiatan ini bekerjasama dengan beberapa institusi diantaranya : Universiti of Malaya, Universiti  Sains Malaysia,  Universiti Teknologi Malaysia, GC University Lahore, Yobe State University, STE YKPN, International Business School, Iqra University, dan Greenwich University.

Adapun Speakers pada kegiatan ini diantaranya : Prof. Dr. Rajah Rasiah (Universiti of Malaya), Prof/ T. Ramayah (Universiti Sains Malaysia),  Prof. Dr. Nur Haniza Binti Sermin (Universiti Teknologi Malaysia), Prof. Dr. Shahida Batool (GC University Lahore, Dr. Aliyu Isah Chikaji (Yobe State University), Dr. Eko Wedodo (STE YKPN), Dr. Muhammad Ali (Iqra University), Dr. Abdullah Mod Nawi (Universiti Teknologi Malaysia), Dr. Ir. Indrajaya Amelia Naim (International Business School), dan Dr. Sadia Khurram (Greenwich University).

Kegiatan konferensi ini terdiri dari 3 Sesi, diantaranya Pre-Konferensi, Konferensi dan Post-Konferensi. Pada hari pertama, tanggal 6 Desember dilaksanakan Pre-Konferensi, yaitu diawali dengan worksop Managing References using Mendeley oleh Dr. Sobia Irum dari College of Business Administration University of Bahrain pada pukul 09.30-12.00, dan selanjutnya dilanjutkan workshop Mutilevel Structural Equation Modeling using Mplus pada pukul 14.30-17.00. dua Kegiatan Pre-Konferensi ini dilakukan di The Royal Widad Resindence, UTMKL.

Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan konferensi dan pelaksanaan oral presentasi serta poster presentasi. Pembukaan Kegiatan ASIA International Conference (AIC 2019) dilakukan oleh Direktor Connecting ASIA yaitu Dr. Muhammad Imran Qureshi. dimana Dr. Imran menyampaikan “kegiatan ini bertemakan Managing Economy and Society in Digital Age, kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh peneliti-peneliti yang ada di dunia untuk menghasilkan solusi-solusi untuk permasalahan global yang lebih memungkinkan serta sesuai dan dapat diterima oleh masyarakat” ungkapnya.

Dr. Imran menambahkan bahwa “presenter dapat melakukan presentasi sesuai dengan keinginan dari presenter itu sendiri, dimana kami menyiapkan beberapa alternatif diantaranya : Presentasi Oral Normal, Presentasi Oral dengan kategori 5S5M (5 Slides 5 Minutes), Presentasi Poster, Presentasi Firtual menggunakan Skype. Selain kegiatan utama tersebut, kami juga membuka forum strategis dengan kerjasama antara institusi dan peneliti” ungkapnya.

Salah satu Dosen yang mengikuti kegiatan ini, Susy Sriwahyuni mempresentasikan “The Effect of Mother’s Knowledge and Husband’s Support on Cildbirth Assistance by A Traditional Birth Attendant(TBA)” dengan kategori presentasi normal, Susy menyampaikan “Hal ini sangat dianggap perlu dikarenakan hal ini berdampak luar biasa di Indonesia terutama kematian Ibu, karena seperti yang kita ketahui angka kematian Ibu di Indonesia sangatlah tinggi, dan judul yang diangkatlah salah satu penyebab/ penyumbang terjadinya AKI tersebut” ungkapnya.

Setalah kegiatan presentasi selesai pada pukul 17.00 waktu setempat, kegiatan dilanjutkan dengan Gala Dinner dan Awarding bagi pemenang pada presentasi 5S5M dan Poster. Dan pada hari terakhir/ post-konferensi, diadakan 2 kegiatan diantaranya workshop “Intruduction to Basic Structural Equation Modeling (SEM) for Survey Research Using Smart-PSL A Hands-on Approach” dengan pemateri Prof. Ramayah Thurasamy dan diakhiri dengan city tour.

Lainnya :