Dosen dan Mahasiswa FKM UTU Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia

Meulaboh – Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashing Day) dengan tema “Hand Clean for All” pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2019 di SDIT Teuku umar Meulaboh, Aceh Barat.

Rangkaian kegiatan diselenggarakan berkat kerjasama dari Dosen FKM UTU yakni Arfah Husana, SKM, MKM dan Mahasiswa-mahasiswi FKM UTU angkatan 2018. Selain itu kegiatan ini dapat berjalan berkat dukungan dari DPRK Aceh Barat dan Unilever.

Tujuan kegiatan ini adalah “untuk memberi edukasi kepada masyarakat khususnya siswa/i SDIT Teuku Umar Meulaboh bahwa cuci tangan itu penting terutama pada waktu sebelum makan, setelah dari kamar mandi, setelah bermain, saat menyentuh gagang pintu, memindahkan sampah dari atas meja, atau mengambil sesuatu, karena tangan adalah anggota tubuh yang memainkan peran tersebut” ungkap Arfah Husna.

“Meski tidak terlihat, aktivitas tersebut memberikan peluang pindahnya kuman ke dalam tubuh. Tanpa mencuci tangan dengan sabun, kuman yang ada di kulit tangan atau sela kuku dan jari akan tetap menempel dan berpindah ke bagian tubuh yang lain, seperti masuk ke mulut, menempel di sekitar hidung atau mata. Jadi untuk mencegah perpindahan kuman penyebab infeksi, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir perlu dibiasakan. cuci tangan adalah cara paling mudah untuk menghentikan penularan dan penyebaran berbagai penyakit, mulai dari flu, pilek, infeksi pada mata, diare hingga infeksi kuman yang cukup berbahaya, seperti meningitis, bronkitis, dan juga hepatitis” tambahnya.

Mejitasari selaku ketua panitia mengungkapkan “dalam peringatan Hari cuci tangan sedunia ini terdapat beberapa kegiatan diantaranya pemberian edukasi kepada murid-murid SDIT Teuku umar tentang Cuci tangan pakai sabun melalui penyuluhan dan melalui media nyanyian, membuat kesepakatan dengan murid-murid untuk melakukan cuci tangan pakai sabun dimana didahului dengan kegiatan menempelkan cap telapak tangan di atas kain putih”.

Seblumnya acara Hari Cuci Tangan Sedunia ini diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2008 dengan mengajak 120 juta anak-anak di seluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Namun hingga saat ini, lebih dari 200 juta orang dari 100 negara di dunia berpartisipasi memperingati acara tahunan ini, termasuk di Indonesia.

Lainnya :