Delapan Mahasiswa UTU Lolos Penelitian dan Pengabdian PKM Tingkat Nasional
  • UTU News
  • 26. 03. 2019
  • 0
  • 351

MEULABOH – Sebanyak delapan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) tahun 2019 ini berhasil lolos penelitian dan pengabdian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tingkat Nasional. Skema PKM yang lolos tersebut  yaitu penelitian sosial humaniora, peneltian eksakta, dan  pengabdian kepada masyarakat.  Mahasiswa yang lolos PKM itu, dari Fisip tiga mahasiswa, dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kalautan (FPIK) empat mahasiswa, dan dari Fakultas Pertanian satu mahasiswa.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara (Adm) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip UTU), Alimas Jonsa, M. Sc menyebutkan, delapan mahasiswa UTU yang lolos penelitian dan pengabdian PKM penelitian sosial humaniora tingkat nasional dari Fisip Prodi Adm tiga orang yaitu  PKM Penelitian Sosial Humaniora atas nama Egi Saputra dengan judul “Budaya Politik Warung Kopi Wilayah Pesisir di Bumi Teuku Umar Menjelang Pemilu 2019”.  Zulfia Andika dengan judul “Preman Receh (Pengaruh Mantan Komandan GAM Terhadap Politik Di Tanah Rencong Aceh Di Era Otsus). Kedua mereka, Egi Saputra dan Zulfia Andika dibimbing oleh Alimas Jonsa. Sedangkan  Nindi Putri Utama yang juga dari Prodi Ilmu Administrasi dengan judul “Panglima Laot Dalam Menciptakan Kedaulatan Maritim (Studi Kasus Di Kabupaten Aceh Barat), pembimbingnya adalah Vellayati Hajad, S. Sos, MA.

Dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), mahasiswa yang lolos PKM Penelitian Eksakta atas nama Doni Damara dengan judul “Kombinasi Substrat Lemna Minor dan Pasir Terhadap Biomassa Populasi Tubifex sp, Rican Suherman dengan judul “Pemberian Shelter Yang Berbeda Terhadap Performa Juveni Udang Pisang (Penaeus sp). PKM Kewirausahaan dari FPIK adalah Setiadi M Noor dengan judul “Taplas Mbah Sikan (Tas Plastik Limbah Sisik Ikan) Recyling Limbah TPI Barsela-Aceh. Dari FPIK,  PKM Pengabdian Kepala Masyarakat adalah Taufik Akbar dengan judul “Go Bebas (Gerakan Organisasi Bencana Berbisnis Syariat Islam) Kepada Santri Dayah Ahlussunnah Wal-Jamaah Anuwarul-Babussalam Kebupaten Aceh Barat. Sedangkan PKM Kewirausahaan atas mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian adalah  Rahmat Dilta Harahap dengan judul “Pedepe (Plant Doli Product): Industri Kreatif Boneka Tanaman Limbah Sabut Tempurung Kelapa.

Alimas Jonsa mengatakan, mahasiswa yang berhasil lolos PKM tersebut telah membuat desain penelitian yang dipandu oleh pembimbing mereka masing-masing, dan disahkan oleh Program Studi dan Wakil Rektor III. Setelah itu, di sadmik ke Kemenristekdikti. Oleh Ristekdikti melakukan penyeleksian layak atau tidak proposal yang diajukan mahasiswa PKM tersebut. Setelah lolos dilanjutkan dengan bimbingan teknis oleh pembimbing yang ditunjuk. Setelah itu, mahasiswa langsung melakukan penelitian ke lapangan, dengan menyampaikan  laporan akhir disertai output-nya melalui jurnal yang dipublikasi. (Zakir)

Lainnya :